Kamis, 05 Januari 2012

struktur sel

struktur sel dapat dibedakan menjadi 2, yaitu sel prokariotik dan eukariotik
SEL PROKARIOTIK
tidak memiliki inti, tidak memiliki endomembran,tidak memiliki mitokondria dan kloroplas namun memiliki struktur yang berfungsi sama seperti kloroplas yaitu mesosom atau kromatofor
memiliki membran plasma dan nukleoid(berupa DNA dan RNA) dan sitoplasma yang mengandung ribosom












struktur sel prokariotik :

  1. dinding sel : berfungsi sebagai pelindung dan pemberi bentuk yang tetap
  2. membran plasma : tersusun atas lemak dan protein. berfungsi untuk melindungi molekuler sel terhadap lingkungan di sekitarnya
  3. mesosom : berfungsi dalam pembelahan sel dan sebagai penghasil energi. 
  4. sitoplasma : tersusun atas lemak,air,protein,mineral, dan enzim-enzim.berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan bahan kimia yang penting bagi metabolisme sel , seperti enzim enzim, ion ion, gula, lemak dan protein
  5. ribosom : merupakan organel tak bermembran tempat berlangsungnya sintesis protein. berdiameter 15-20nm
  6. DNA : deoxyribonucleic acid tersusun atas gula deoksiribosa,fosfat, dan basa-basa nitrogen. berfungsi sebagai pembawa informasi genetik.
  7. RNA : ribonucleic acid merupakan persenyawaan hasil transkripsi DNA. RNA membawa kode-kode genetik sesuai dengan pesanan DNA selanjutnya kode-kode genetik tersebut diterjemahkan dalam bentuk urutan asam amino dalam proses sintesis protein.
  8. flagela dan pili : flagela berfungsi untuk pergerakan. pili berfungsi untuk menempel saat melakukan reproduksi pada bakteri.
SEL EUKARIOTIK
memiliki membran inti, memiliki sistem endomembran yaitu organel-organel bermembran seperti retikulum endoplasma,kompleks golgi, mitokondria,lisosom serta kloroplas. memiliki sentriol.





struktur sel eukariotik
  1. Lisosom, Organel yang berperan dalam pencernaan sel. Organel ini mengandung enzim lisozim yang akan melisis bagain sel yang telah mati, rusak atau sudah tua.
  2. Mitokondria, Organel yang berperan dalam respirasi sel. 
  3. Aparatus Golgi, Oraganel yang berperan dalam sekresi produk, baik protein,polisakarida maupun lemak.
  4. Retikulum Endoplasma (RE), organel yang berperan dalam sintesis produk.RE kasar berfungsi untuk mensintesis protein dan menyalurkan bahan genetik antara intisel dengan sitoplasma,RE halus berfungsi  dalam sintesis lipid glikogen dan steroroid.
  5. Plastida, organel yang mengandung pigmen (warna).
  6. Vakuola, organel yang berfungsi  dalam penyimpanan cadangan makanan, minyak atsiri dan sisa metabolisme sel.
  7. Mikrotubulus, organel yang memiliki struktur tabung. contohnya flagela (untuk pergerakan sel), silia (alat pelekatan sel) dan spindel (untuk pembelahan sel).
  8. Mikrofilamen, oragnel yang memiliki struktur filamen (benang). berfungsi dalam pergerakan sitoplasma dan kontraksi otot.
  9. Badan Mikro, ada dua macam badan mikro, yaitu Peroksisom (mengandung enzim katalase) dan Glioksisom (mengandung enzim katalase dan oksidase)
  10. Dinding Sel, struktur selulolitik dan kitin yang berfungsi memberi bentuk sel dan sebagai pelindung sel.
  11. Sentriol, organel yang berperan dalam pembelahan sel. Sentriol berfungsi menarik kromosom ke arah kutub yang berlawanan.

0 komentar:

Posting Komentar