Kamis, 13 September 2012

Arti Lambang Pancasila



1. Sila pertama – Ketuhanan yang Maha Esa
Lambang : bintang
Arti : bintang dimaksudkan sebagai sebuah cahaya, mengandung makna nur cahyo. Bintangnya memiliki 5 sudut maksudnya untuk menerangi dasar Negara yang lima dan tujuan Negara yang lima. Sedangkan warna hitam melambangkan warna alam atau warna asli.
2. Sila kedua – Kemanusiaan yang adil dan beradab
Lambang : rantai
Arti : mata rantai yang berbentuk segi empat melambangkan laki-laki sedangkan lingkaran adalah perembuat. Mata rantai yang saling berkait pun melambangkan satu sama lain dan perlu bersatu sehingga menjadi kuat seperti rantai.
3. Sila ketiga – persatuan Indonesia
Lambang : pohon beringin
Arti : pohon beringin merupakan pohon yang besar di mana banyak orang bisa berteduh di bawah naungan Negara Indonesia. Selain itu, pohon beringin memiliki sulur dan akar yang menjalar ke mana- mana namun tetap berasal dari satu pohon yang sama, seperti halnya keragaman suku bangsa yang menyatu dibawah nama Indonesia.
4. Sila keempat – kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Lambang : kepala banteng
Arti : kepala banteng merupakan hewan social yang suka berkumpul seperti halnya musyawarah di mana orang-orang harus berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.
5. Sila kelima – keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia
Lambang : padi dan kapas
Arti : padi dan kapas merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yakni pangan dan sandang sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran yang merupakan tujuann utama bagi sila ke lima ini.

10 komentar:

salman mengatakan...

thanks,buat ngerjain tugas nih :)

Anonim mengatakan...

oke

Tetesan Embun mengatakan...

terimakasih, sangat bermanfaat ...

Zahra mengatakan...

Berguna banget buat pr gw

Anonim mengatakan...

izin copas y. terimakasih

Anonim mengatakan...

Thank's BGT :)
Amat sangat bermanfaat..
izin copas y..

Anonim mengatakan...

thanks. buat referensi

Anonim mengatakan...

yang sila ke 2 kok kayak gak nyambung ya dengan "kemanusian yang adil dan beradab " dengan arti rantai , sekan akan sama dengan sila ke 3 "persatuan indonesia"

eka fristiani mengatakan...

Alhamdulillah buat referensi ngajar thanks pake banget

Cahaya Wirawan mengatakan...

Thanks broh

Poskan Komentar